Sabtu, 29 Juli 2017

SECARA GEOGRAFIS PRENDUAN

Prenduen terletak di sebelah timur desa Pragaan Lao', Kecamatan Pragaan. Secara Administratif Desa Prenduan terdiri dari beberapa dusun yaitu: Paseser, Onggaan, Tamanan, Ceccek, Drusah dan Pangelen. Secara geografis Prenduan terdiri dari dua (2) karakter wilayah yaitu;
1. Daerah Gunung dan
2. Daerah Pesisir.
Daerah gunung oleh masyarakat setempat dikenal sebagai daerah Drusah. karena letaknya yang lebih tinggi. Terletak di bagian Utara Desa. Dusun Drusah adalah Dusun yang dikenal sebagai Dusun Pendidikan dan mempunyai nilai yang tinggi dari pada dusun-dusun lainnya. Dalam sejarah diketahui sejak tahun 1935 K.H. Muchtar telah menggagas pendidikan secara aktif bagi masyarakatnya, dan tetap dijaga dengan baik sampai sekarang. Pada umumnya berupa lahan pertanian kering. Tanaman berupa jagung, kedelai, ketela pohon dan tembakau.

Di sekelilingnya biasanya banyak ditanami poohon siwalan dan pohon Jati . Pohon yang menjadi andalan untuk bahan baku gula dan miebel. Selain seringkali juga dimanfaatkan buahnya untuk makanan sejenis kolang-kaling. Selain itu Dusun Drusah juga lebih difungsikan sebagai makam yang membentang dari Barat ke Timur. Hal ini mungkin karena letaknya yang tinggi sebagaimana banyak dianut dalam sistem kepercayaan masyarakat Cina dijaman dahulu.
Yang kedua adalah Dusun Pesisir terletak di bagian selatan. Lahannya landai berpasir. Langsung berhubungan dengan selat Madura. Daerah ini sangat padat. Sejak jaman jaman dahulu daerah ini sudah menjadi daerah yang sangat penting. Di sepanjang pantai banyak berdiri rumah-rumah kuno peninggalan para juragan pribumi dan cina yang berhasil melaukukan perdagangan melalui perhubungan laut. Di tepian pantai banyak berjejer perahu nelayan yang umumnya milik para nelayan yang tinggal di daerah ini.

0 komentar:

Posting Komentar