Minggu, 30 Juli 2017

PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBANGUNAN DESA


PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBANGUNAN DESA
                                                                       
7.1. Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan.
a.       Perlu adanya rehabilitasi Gedung Kantor dan Balai Desa mengingat kondisi kurang layak ditempati untuk pelayanan masyarakat.
b.       Layak dan sangat perlu adanya Pembangunan Gedung Kantor sekretariat BPD, LPMD, dan KPMD dengan ukuran 6 x 8.
c.       Layak dan sangat perlu adanya Pembangunan Gedung Kantor sekretariat TP. PKK Desa dengan ukuran 6 x 8.
d.       Sangat perlu adanya Jaringan Internet Kantor dan Perbaikan Pendopo Balai Desa supaya lebih rapi dan bersih.
e.       Gedung Kantor dan Balai Desa sangat memerlukan sarana pendukung kelengkapan administrasi lainnya.
f.          Pengadaan Komputer 2 Unit dan Lap Top 4 unit, guna meningkatkan Pelayanan Masyarakat dan Administrasi Kantor serta  meningkatkan kinerja Perangkat Desa Prenduan.
g.         Pengadaan Komputer 1 Unit dan Lap Top 1 unit, guna meningkatkan kinerja BPD Prenduan.
h.      Pengadaan LapTop 3 unit Guna Proses Pengembangan Kapasitas KPMD, LPMD dan TP. PKK Desa Prenduan.
i.        Pengadaan Meubeler Kantor Balai Desa untuk melengkapi prasarana Kantor Desa dan untuk mendukung kelancaran dalam pelayanan.
j.             Sangat diperlukan pembangunan perbaikan pagar pembatas dan pintu gerbang untuk gedung kantor dan balai desa.
k.       Sangat diperlukan adanya Pemetaan Ulang Tanah (NIB Tanah), Sertifikasi Tanah Gratis (Prona) dan Sertifikasi Tanah Kas Desa.
l.         Sangat diperlukan adanya ketetapan pagu anggaran Penghasilan Tetap Aparatur Desa dan Tunjangan Penghasilan BPD.
m.     Sangat diperlukan adanya Pemasangan Papan Nama Jalan Dusun dan Gang, guna memperjelas Jalan dan Gang.
n.       Sangat diperlukan adanya ketetapan pagu anggaran Penghasilan Tetap Aparatur Desa dan Tunjangan BPD.
o.       Sangat diperlukan adanya Anggaran Biaya Operasional Perangkat Desa Desa dan BPD
p.       Sangat diperlukan adanya Tunjangan kinerja Aparatur Desa
q.       Pengadaan seragam BPD Dan Perangkat Desa
Pembelian tanah untuk pembangunan kantor PBD dan polindes untuk mendukung kelancaran desa dalam pelayanan
 
 
7.2. Bidang Pelaksanaan Pembangunan, meliputi :

7.2.1. Bidang Infrastruktur dan Lingkungan Desa      
1. Pengaspalan Jalan
a.       Sepanjang jalan aspal  11,50 Km berupa Jalan Desa yang perlu direnovasi.
b.       Sepanjang jalan Makadam perlu adanya Pengaspalan yang tersebar di 6 Dusu


2. Pengerasan Jalan/Makadam/Telford
a.       Sepanjang jalan dusun yang belum dimakadam perlu dimakadam yang tersebar di RW 01 / Dusun Pesisir, RW 02 / Dusun Drusah, RW 03 / Dusun Cecek, RW 04 / Dusun Onggaan, RW 05 / Dusun Tamanan, RW 06 / Dusun Pangelen, sebab di musim penghujan becek.

  
3. Rabat Beton/Pavingisasi
a.       Sepanjang jalan kampung yang merupakan jalan lintas anak Sekolah dan sarana Ekonomi Masyarakat perlu dibangun jalan rabat beton dan paving.
b.       Sepanjang jalan kaki perlu dibangun Jalan Rabat yang Merupakan jalan Lintas masyarakat menuju tempat ibadah (masjid) dan sarana ekonomi masyarakat yang terbesar di masing-masing dusun yang ada di Desa Prenduan.
c.       Sepanjang jalan dusun yang merupakan jalan lintas anak sekolah, jalan lintas masyarakat menuju tempat ibadah (Masjid) dan sarana ekonomi masyarakat perlu dibangun Paving yang tersebar di RW 01 / Dusun Pesisir, RW 02 / Dusun Drusah, RW 03 / Dusun Cecek, RW 04 / Dusun Onggaan, RW 05 / Dusun Tamanan, RW 06 / Dusun Pesisir dan Dusun Onggaan, RW 07 dan RW 08 / Dusun Pangelen, sebab di musim penghujan becek.


4. Jembatan Beton/Baja, Plat Beton dan Gorong-gorong
Masih Banyak jalan yang belum ada jalan penghubung/jembatan yang menghubungkan antar 
dusun dan antar desa.
5. Tangkis Jalan / Tembok Penahan Tanah/ Plengsengan/Bronjong
a.       Sepanjang sisi kanan dan kiri sungai Desa Pakamkam Daya yang diapit oleh  lahan pertanian dan pemukiman penduduk perlu adanya pembangunan tangkis sungai mengingat rawan longsor disaat Penghujan.
a.       Sepanjang sisi kanan dan kiri jalan desa yang diapit oleh lahan pertanian dan pemukiman penduduk perlu adanya pembangunan plengsengan / tangkis jalan mengingat rawan longsor disaat Penghujan.
b.       Di dusun Pangelen, Tamanan, Onggaan Onggaan, Pesisir, Cecek dan Pesisir sangat mendesak untuk segera dibangun plengsengan karena air hujan terus menggerus/mengikis tanah ditepi jalan dan jalan mulai longsor mengancam daerah pemukiman.
c.       Di dusun Pesisir, Drusah, Tamanan dan Onggaan sangat mendesak untuk segera dibangun Plengsengan/Bronjong karena air sungai terus menggerus/mengikis tanah dan mengancam daerah pemukiman.

6. Saluran Drainase/Selokan

Pebangunan Saluran Pembuangan Air Hujan / Drainase Sepanjang 17.635 m. yang tersebar di 6 dusun sangat diperlukan karena adaya genangan air hujan dan limbah pada saat musim Penghujan.

7. Bak TPS ( Bak Tempat Pembuangan Sampah)
Perlu dibuatkan Bak Tempat Pembuangan Sampah di 6 dusun agar bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kebersihan lingkungan.
 

8. Penerangan Jalan Umum (PJU) dan Jaringan PLN
a.    Perlu Adanya Lampu Penerang Jalan dari PLN sebanyak 38 Titik yang tersebar di 6 dusun untuk Kelancaran berlalu lintas dan keamanan  pada saat malam hari.
b.    Pengadaan Jaringan PLN dan Pemasangan Travo PLN di Dusun Pangelen sangat dibutuhkan masyarakat, karena sampai saat ini masih belum ada pemasangan Travo.
 9. Peningkatan Lingkungan Pemukiman
a.       Sebanyak 98 Unit Rumah Warga Miskin yang tersebar di 6 dusun di Desa Prenduan yang membutuhkan bantuan Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)
b.       Sebanyak 80 Unit Rumah Warga Miskin yang tersebar di 6 dusun di Desa Prenduan yang membutuhkan bantuan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)
c.       Pembangunan PINTU GERBANG / GAPURA 15 Unit yang tersebar pada jalan perbatasan Desa Prenduan dengan Desa Guluk-guluk, perbatasan Desa Prenduan dengan Desa Jaddung, perbatasan Desa Prenduan dengan Desa Prenduan, Perbatasan Desa Prenduan dengan Desa Pragaan Daya dan, Perbatasan berupa gapura batas desa 5 unit dan gapura pembatas dusun 10 unit, guna memperjelas posisi dan letak jalan gang yang ada di Desa Prenduan.
7.2.2. Bidang Kesehatan
1. Peningkatan Sarana Prasarana Kesehatan
a.       Adanya bantuan Ginecologi, Partus Pag, Lemari Instrumen, Meja Instrumen, Alat Lab. Gula Darah dan Asam Urat, Kursi Roda, Oksigen, Lampu Sorot dan Dopler.
b.       Adanya Pembangunan Sarana Gedung Fasilitas Ibadah / Mushalla di Ponkesdes Prenduan  dengan Ukuran 4 x 6 m².
c.       Adanya penambahan Sarana Prasarana Fasilitas Ponkesdes di Desa Prenduan dengan gedung ukuran 6 m X 8 m².
d.       Tambahan Tenaga Medis untuk Peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di posyandu serta penambahan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.
e.       Adanya bantuan alat ukur bayi dan balita serta alat mainan balita.
 









0 komentar:

Posting Komentar